Cara Untuk Menghindari Dan Menghilangkan Jerawat Di Punggung

blog-apa-aja.blogspot.comPerlu diketahui, sebenarnya jerawat memang bukan hanya terjadi di kulit wajah saja. Ada juga jerawat di tempat lain yang banyak dikeluhkan oleh Orang. Salah satunya adalah jerawat yang banyak di punggung. Jerawat di punggung biasanya jenisnya meruntus.

Daerah punggung memang merupakan lokasi tubuh yang penuh dengan kelenjar minyak, hal itu menjadikan punggung sebagai salah satu tempat utama tumbuhnya jerawat. Keringat juga bisa menjadi penyebab utama timbulnya jerawat punggung, apalagi di musim panas, karena di musim panas, keringat yang berlebih akan mengakibatkan pori-pori tersumbat.


Selain itu, penyebab jerawat punggung lainnya yaitu adanya penyebaran bakteri yaitu propionibacterium acnes, gangguan proses pengelupasan kulit yang menyebabkan menumpuknya sel kulit mati pada kulit dan adanya proses radang. Sedangkan faktor luar yang mungkin menjadi penyebab timbulnya jerawat adalah stres (meningkatkan kelenjar pada kulit), life style='color:black; text-align:justify;' (aktivitas/olah raga yang memicu produksi keringat), gangguan hormonal (saat menjelang datang bulan, hamil, fluktuasi estrogen), pemakaian obat-obatan, supplemen atau pil kontrasepsi, ketidakcocokan kosmetik atau produk perawatan kulit lain semisal body lotion, sun screen.

Beberapa cara untuk menghindari dan menghilangkan jerawat di punggung adalah:
1. Saat cuaca panas, hindari memakai pakaian yang ketat dan polyester, gunakan pakaian yang bisa menyerap lebih banyak keringat dan usahakan kelembaban kulit tetap terjaga saat cuaca panas.
2. Menjaga kebersihan tubuh, terutama untuk Anda yang gemar berolah raga. Gunakan sabun jenis oil-free, mengandung beta-hiddroxy.
3. Jika biasa menggunakan body lotion di punggung, gunakan body lotion yang mengandung alpha hydroxy acid. Karena bakteri penyebab jerawat dipercaya tidak tahan dengan acid.
4. Saat mengeringkan tubuh dengan handuk sehabis mandi, harus benar-benar kering.
5. Ketahui penyebab jerawat Anda sehingga Anda bisa melakukan pencegahan dini agar tidak bertambah parah.

Biasanya jerawat punggung tidaklah berlangsung lama, jika tak kunjung hilang dan bertambah banyak atau memerah sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit semisal Hayfa Beauty Skin Care, supaya tidak mengganggu penampilan Anda.